Pages

9.3.15

home made ice cream -without freezer-


cerita nyaaa tiap weekend kami 'dapat PR' dari day care nya kanaya. nah, weekend kemarin PR nya adalah mengenalkan salju. 
yang pertama terpikir: waduh, gimana cara mengenalkan salju kalo saya sendiri ga pernah kenalan langsung sama salju? :p
yang kedua terpikir: apa yaa yang mirip sama salju? es serut kali yaaa..
yang ketiga teringat: mbak ina pernah cerita cara bikin es krim tanpa freezer yang mengadopsi prinsip cara bikin es puter.

okeee.. mengenalkan salju nya pake es krim aja deeh.. *dasar doyan*
mulai deh saya browsing sana sini cari resep dan tutorial es krim/es puter.
resep yang bertebaran ada banyak macam. tapi bisa dikelompokkan jadi dua: yang berbahan dasar susu, dan yang berbahan dasar santan. saya pilih yang santan.

seperti biasa, saya sudah menyiapkan gambar step by step proses gimana kami bikin nya. simak yaaa...


1. kami bikin mixture nya. campuran yang terdiri dari 3 gelas santan + 8 sendok makan gula pasir + 1/2 sendok teh garam diaduk sampai rata. pada step ini, yang paling penting adalaah (perhatikan gambar) saat mengaduk harus sambil senyum :)
setelah tercampur rata, santan dimasak sampai mendidih sambil terus diaduk supaya santan ga pecah. saat sudah mendidih, saya tuangkan larutan tepung maizena (1 sendok makan maizena + 3 sendok makan air), kemudian diaduk sampai mendidih lagi.
setelah mendidih, saya tuang separuh mixture ke wadah untuk mendinginkan, sedangkan separuh sisa nya saya tuangi 1/2 cangkir susu kental manis cokelat, lalu saya didihkan lagi.

2. sementara menunggu mixture nya dingin, kanaya menyiapkan es batu yang akan digunakan untuk membekukan es krim nya. dengan sekuat tenaga, ulegan batu dipukul-pukulkan ke es batu :D
semangat!!!!

3. es batu sudah selesai dipecah jadi bongkahan kecil, tapi mixture nya belum dingin juga. inilah saat nyaaa.... main es :p
dingiiiin looh! rasa dingin nya sama seperti menyentuh salju *iya kan?*

4. nah, setelah mixture dingin (sama dengan suhu ruanga), tiba saat nya untuk memulai tahap selanjut nya. oya, kami juga menyiapkan garam serta kantong plastik berukuran kecil (1/4 liter) dan besar (2 liter) untuk proses pembekuan.


5. kanaya memasukkan mixture kedalam kantong plastik kecil. sambil berlatih untuk fokus dan sabar, sesendok demi sesendok dituang perlahan :)
setelah terisi 3/4 bagian, kantong plastik diikat rapat dengan karet gelang.

6. sekarang giliran plastik besar yang diisi dengan bongkahan es batu sampai 1/2 penuh, lalu ditambah garam. kenapa ditambah garam? karena garam dapat menurunkan titik beku es, sehingga suhu nya jadi lebih dingin.
setelah es batu dan garam tercampur rata, kanaya memasukkan mixture yang sudah dibungkus dalam plastik kecil kedalam nya. lalu, plastik besar diikat rapat memakai karet gelang.

7. sampai juga di bagian paling seru. shake it, shake it, shake it. kocok-kocok plastik besar supaya suhu dingin nya menular ke mixture, dan proses pembekuan terjadi. goyang-goyang terus selama 5 menit. biar tambah semangat, sambil nyanyi-nyanyi aja :)
oya, biar ga kedinginan, plastik nya dibungkus dulu pakai kain tebal.

8. capek nya goyang-goyang seru terbayar saat mengeluarkan plastik kecil dan tampak kalau isi nya sudah membeku. horeeee es krim nya sudah jadi! langsung aja dikeluarkan.. daaaan dicicipi.. sluurrrpp.. segerrrr :p

***ssst.. perasaan tadi ada mixture warna cokelat yaa.. mana es krim cokelat nya?? uh oh, ternyataaa yang ditambah susu cokelat lebih sulit membeku. mungkiin ada hubungan nya dengan kekentalan nya. atooo karna udah capek aja tangan yang bertugas buat goyang-goyang, jadi ga bisa bagus beku nya :D
yah, pokok nya udah ada yang jadi laaah.. walo cuma semangkok aja :p
sisa mixture yang belum beku akhir nya dimasukkan freezer sampai beku, lalu dihancurkan pakai blender. hehehe. tekstur nya beda sama yang dibekukan tanpa freezer. yang ini lebih kasar. pesan moral nya: usaha lebih, mendatangkan hasil yang lebih***

No comments:

Post a Comment