Pages

14.7.15

refashion

sudah tau tentang 3Rs? itu loooh.. Reuse, Reduce, and Recycle.. nah, saya sekarang punya another R. it's Refashion.
masih dengan semangat yang sama, yaitu memanfaatkan kembali barang-barang yang masih bisa dimanfaatkan [kata lain dari penghematan a.k.a pengiritan], saya sering banget membuat pakaian dari pakaian lain yang sudah ada.
it's a lot more easier for me. karna saya jadi bisa menghindari jahit menjatih di bagian-bagian yang susah [misal: menyatukan lengan dan badan!]

berikut ini adalah salah tiga dari hasil refashion yang pernah saya lakukan:


#1 bolero to longdress

bolero imut warna pink ini sudah dimiliki kanaya sejak bayi. pasangan asli nya adalah dress tanpa lengan dengan tali bahu. dress nya sendiri sudah lamaaa banget ga muat plus kependekan. tapi bolero nya ga pernah dipake karna kegedean. nah, di usia kanaya yang 3 tahunan, saat si dress pasangan nya sudah dilungsurkan, si bolero baru muat. hehe.

daripada si bolero ga punya pasangan, saya jadiin longdress aja. dengan tambahan kain bunga-bunga merah-pink yang saya bikin seolah-olah adalah dalaman tanpa lengan [padahal sebenar nya saya jahit menyatu dengan bolero nya], jadilah longdress yang keliatan nya seperti two pieces ini :)


 #2 t-shirt to longdress

kalo yang ini.. cerita nya melibatkan kepepet. gara-gara nya, kanaya harus pake pakaian muslimah selama 3 hari berturut-turut. pas saya mau siapin, ternyataa rok panjang yang ada udah pada ngatung [termasuk si longdress #1 diatas, yang baru 3 bulan sejak dibikin]. akhir nya saya obrak abrik lagi simpenan kain.. nemu seuprit polkadot dan seuprit kain ungu polos yang warna nya cocok sama salah satu kaos lengan panjang nya kanaya.

saya tinggal potong bagian bawah kaos sampe sedada, trus disambung deh sama kain nya.. buat nutupin sedikit gambar yang masih keliatan, saya pasangin hiasan berbentuk pita. selesai. aaaand she looooooves her 'new' dress. pokok nya cuci-kering-pake-cuci-kering-pake.


 #3 mom's turtleneck t-shirt to daughter's top

yang iniii.. sama. karna kepepet juga [kaya nya emang kudu kepepet dulu biar terpaksa berkreasi. haha]. lagi-lagi demi memenuhi dress code di daycare nya kanaya. waktu itu, daycare nya lagi bikin acara 5th anniversary dengan tema solar system. semua anak-anak diminta pake baju hitam. 
awal nya saya masih berusaha nyari di toko.. tapi dari awal udah pesimis bakal dapet. baju anak-anak dimana-dimana full color, ga ada yang hitam.

ya sudah, saya relakan saja salah satu kaos hitam saya. gunting sana sini, jahit sana sini, jadilah atasan lengan pendek ini. lumayanlah untuk sebuah barang daur ulang, hehe.


***sampai sekarang saya masih menyimpan beberapa pakaian yang udah ga bisa dipakai. alasan nya: bahan nya bagus. dan saya yakin, suatu saat bisa dijadikan sesuatu yang berguna. kalo istilah ibu saya sih, saya ini tukang nyusuh :p

No comments:

Post a Comment