Pages

25.3.14

homemade play dough


siapa sih yang ga suka main play dough?? 
[saya aja suuukaaa]
siapa sih yang ga tau kalo harga play dough (apalagi yang branded itu) mihil bingits?? 
[saya selalu ngeri liat harga nya]
pingin main play dough tapi ogah keluar banyak duit? 
[saya banget inih]
gampaaang.. bikin sendiri aja! 
[yuks...]

sebenar nya saya baru dua kali bikin play dough sendiri. yang pertama dulu lumayan sukses, tapi saya lupa takaran bahan nya karna waktu itu cuma pakai ilmu kira-kira :p
nah, kalo yang saya bikin ini [awal nya] benar-benar ditakar [tapiii.. ujung-ujung nya pake kira-kira juga. haha].


homemade play dough a la kei, saya buat pake bahan-bahan:
tepung terigu
garam halus
minyak goreng
cream of tartar
air mendidih
pewarna makanan

oya, saya bikin nya ga sendirian.. seperti biasa, sang asisten selalu membantu :)
gini nih saya bikin nya:



1. dengan bantuan asisten, saya takar tepung terigu sebanyak 2 cups [saya pakai cup takaran beras] lalu dimasukkan dalam wadah untuk membuat adonan. 

2. asisten saya rupa nya suka banget takar-menakar. sekarang takar garam halus ½ cup, lalu dicampur dengan tepung. 

3. saya tuang minyak goreng sebanyak 2 sendok teh. minyak membuat play dough ga lengket di tangan dan lebih kinclong.

4. saya tambahkan cream of tartar, 2 sendok teh juga. cream of tartar ini fungsi nya untuk membuat play dough jadi lentur. biar ga gampang patah kalau dibentuk-bentuk.

5. selanjutnya, saya serahkan pada asisten yang cekatan untuk mencampur semua bahan tadi hingga rata.



6. setelah rata, asisten imut diminta mundur dulu. karna ini saat nya saya menuangkan air mendidih sebanyak 1 cup. lalu adonan mulai diaduk-aduk lagi sampai rata.

7. saat sudah agak dingin, saya uleni pakai tangan sampai benar-benar tercampur semua.

8. yak! disinilah ilmu kira-kira mulai dipakai lagi. hehe. sambil saya uleni, asisten menambahkan tepung, sedikit demi sedikit hingga adonan tidak terlalu encer. setelah itu, adonan saya bagi menjadi 4.

9. masing-masing bagian saya beri pewarna makanan yang berbeda. sambil menguleni agar pewarna tercampur rata, asisten cantik menaburkan tepung lagi, sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan tekstur nya pas [iya. ini kudu pake ilmu kira-kira juga. hehe]

10. tadaaa... play dough sudah jadi. saya bikin 4 warna: hijau, kuning, ungu dan pink. supaya awet, saya simpan play dough dalam wadah tertutup. saya pakai wadah bekas es krim [ga ada salah nya nyimpen segala wadah bekas *pembenaran, biar ga dibilang nyusuh*]. 

sudah seminggu sejak saya buat, play dough nya masih bagus, padahal sering dipakai main. ga percaya? niih saya pamerin hasil kreasi kami..


kanaya suka nya main masak-masakan.
bikin kue warna warni. dengan cetakan kue kering dia membentuk adonan nya jadi bentuk-bentuk yang cute.
kalau bosan bikin kue, kanaya suka nya potong-potong. adonan dibentuk memanjang, lalu dirajang deh pakai pisau plastik.. menurut saya ini perlu banget.. mengenalkan sensasi mengiris/memotong pada anak. karna balita masih dilarang memegang pisau dan benda tajam lain nya, mereka pasti penasaran: gimana sih rasa nya potong-potong?? nah, daripada mereka penasaran terus pingin nyoba tanpa sepengetahuan kita, mending diajak iris-iris aman seperti ini :)


kalau sayaaa suka nya mencoba membentuk play dough meniru benda-benda yang ada di sekitar kita. paling suuka nya lagi bikin fake fruit. apel dan pir bikinan saya udah mirip asli nya belum? :p
kalau pisang nya sih pasti beluuuuum.. haha.. 


bikin stroberi dan manggis bergaya kartun..
bagian hijau nya dibuat pakai cetakan kue berbentuk bintang dan bunga :D


selain fake fruit, saya juga sukaaa bikin fake food.
ada burger, donat dan rainbow cake. mmmm.. kaya nya ini obsesi karna saya ga bisa bikin yang sungguhan :d
oya, itu yang warna coklat adalah play dough yang sudah tercampur warna nya. kadang kanaya suka lupa memisahkan dulu masing-masing warna sebelum melumat kreasi nya :d

eh, kanaya sayang.. itu kue bohongan, nak... jangan dimakan loh ya! *gemesss*

No comments:

Post a Comment